Kamus bhs english-Indonesia di Linux

Gotcha!!! akhirnya…

Adik di jakarta lagi kursus bahasa english di LIA-MT.Haryono.kebetulan dosqi lagi kesulitan tentang perbendahraan kata.Kebetulan kakak nisa lagi balik kampung neh..(opss..kampungnya di batam loh, karena sekarang kakak nisa sudah sekolah di SMPIT Al-kahfi-bogor)

Nah..jalan2 deh jemari ini di keyboard.cari-cari situsnya kamus elektronik…dapet alphalink
Lihat-lihat harga yang cocok buat kantong…lumayan juga yg 140.000 kata itu 100 rebuan.kebetulan di batam ada distributornya (tapi sayang mereka ngga mau ngantar..cuma 100rebu aja sich yach)Tanya 108 (telp. penerangan) toko gramedia dan kharisma.Kebetulan di 2 toko ini ada.Insya alloh ke beli neh buat adik yg tersayang.

Untungnya di otak kepikir juga ….Di linux ada ngga yach..Ternyata ada loh.Yang buat juga orang indon..opss..orang indonesia.

Gidic (The Gnome Indonesian Dictionary) adalah nama software-nya. Sampai tulisan ini saya posting, gidic baru mencapai versi 1.0.0, dan yang paling saya banggakan adalah bahwa aplikasi ini ditulis (baca: source code-nya ditulis) oleh I Wayan Suryadarma, (apabila dilihat dari namanya) dapat dipastikan seorang warga Indonesia dan software ini dilisensikan di bawah lisensi GPL (free software, kita bisa secara legal menggunakan software tersebut tanpa harus membayar lisensi)..

Siapa lagi ya programmer lain (dari bangsa sendiri dong!) yang akan menyusul? Tentu saja Anda dan (semoga) saya kan?.. bisa mandiri, menghasilkan software bermutu dan tak terbelenggu oleh ikatan (tak sehat) software lain, apalagi harus “membajak”!… Gawat*%#!?! Percuma dong sekolah tinggi-tinggi, ngaku-ngaku ORANG PENDIDIKAN (orang IT pula) kalau akhirnya BERBUAT seperti ORANG TAK TERDIDIK (menggunakan software komersial secara ilegal)… Aduh!?! bagi saya pribadi, malu banget deh!

Instalasi aplikasi tersebut memang tidak semudah melalui instalasi paket rpm, kita harus meng-install-nya dari source (paket tar.gz). Menurut saya dengan membaca terlebih dahulu file README atau INSTALL – nya kita bisa mengikuti proses instalasi tersebut dengan mudah.

Tapi paling enak pakai bin aja https://sourceforge.net/projects/gidic/

neh..screenshotnya…

Anda sering lupa arti/terjemahan suatu istilah (kata) bahasa Inggris dalam bahasa Indonesianya atau sebaliknya? Buka kamus? Ah, itu mah sudah biasa. Software aplikasi kamus di komputer Windows(tm) ? Itu juga kayaknya sudah banyak yang “membajak” deh. Bagaimana kalau ada software aplikasi kamus sejenis berjalan (runs) di Sistem Operasi GNU/Linux?… Waah!

10 thoughts on “Kamus bhs english-Indonesia di Linux

  1. Udah kepasang di feistyku tapi kok ga ada ikonnya secara ostosmatis yo?
    Akhirnya harus jalan pakai stasiun eh “terminal”.

  2. iya….sama dengan saya…πŸ˜›
    kalau mau langsung aja buat shortcutnya.Pertama cari dulu dimana file nya kamu install (misal di /opt/gidic-1.0/ ) nah,klik kanan iconnya ,silahkan copy-paste di desktop kesayangan kamu…

  3. habisnya kalau di telp. yg ngejawab “cewe”terus…
    (Tuuuuuutt…..Nomer yang anda tuju sedang sibuk…silahkan hubungi nomer rumah aja…tutttttttttttt..)he..he..he.. πŸ™‚

  4. Thanks buat referensi Gidic nya.
    Buat komentar diatasku, gimana ya caranya bisa pake linux 100%. aku masih ragu untuk migrasi total ke linux 100%. kendalanya masalah game dan pemrograman !

  5. Membantu sekali terima kasih atas pembahasannya tentang kamus English-Indonesia
    sekalian bahas tentang QStardict dunk saya masih bermasalah tentang penambahan kamusnya maklum jarang bersentuhan dengan aplikasi GUI

    salam kenal dari Linuxer MalangπŸ˜€

  6. sip mas , selama ini saya menggunakan kamus ( windows versi ) menggunakan wine , berkat artikel ini , saya sekarang uninstall kamus ,bahkan wine saya buang juga . thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s