Instalasi WIFI di Silo(sinyal loe).

Ahamdulillah….Alhamdulillah…Alhamdulillah

Tak lepas lafazd ini ku ucapkan selepas menunaikan sholat magrib berjamaah di mesjid PJB-Tanjung uncang-batu aji.Di tengah derasnya air hujan yang memukul-mukul genteng masjid hingga suara air yang jatuh gemuruh, hingga membuat hatiku ikut bergetar.

Sujud syukur ku ucapkan ” Alhamdulillah…ya Alloh” Satu pekerjaan hampir terselesaikan🙂

Pagi ini jam 08.30 sudah buat persiapan untuk keberangkatan menuju perumahan Marchelia-Batam center.Selepas sarapan pagi dengan lontong sayur yang di belikan kasihku tercinta🙂 , sudah habis ku makan dan segelas kopi panas ikut juga memasuki usus dan lambungku.

Tak lupa sholat dhuha kutunaikan.Kata bapak ustad”Sholat dhuha adalah sholat pembuka rezeki”, dan tak lupa beberapa bait do’a kupanjatkan kepadaNYA. Mudah-mudah yang kukerjakan hari mendapat kebaikan.

Tepat jam 09.20 mobil tua sudah parkir di area parkir JANUS2 (hmm… ini rumahnya mas simplyeko.com) satu keranjang peralatan dah di siapkan. Obeng, cable tie, solasi tape dan semua cem-macem alat ada.Oopsss…tak lupa bor di bawa pula.

Antena Hyperlink buatan US and server box masuk jok belakang mobil.Setelah semua perlengkapan serasa sudah komplit, langsung tanpa menunggu aba-aba dari sang pemilik rumah, mobil di stater untuk meluncur ke perumahan PJB-Batu aji.

Sementra dalam perjalanan gerimis masih terasa. Jam menunjukan pukul 10 kurang dan sang customer (Pak susilo-ex HRD unisem) dah menunggu dengan senyum lebar yang menyenangkan di depan rumah sembari melambaikan tangan.

Semua peralatan dah di turunkan, Persipan kecil kubuat. Nge-limping cable, install modem, switch dan mengatur letak server. Tak lama kemudian Sahabat eko datang.Tanpa di minta untuk memulai, langsung di keluarkan laptop dan perlengkapan perang lainnya :))

opsss…waktu cepat bergulir, sudah jam 11 siang rupanya.Ada beberapa kelengkapan yg belum terbeli, Tiang untuk antena dan kabel pengikat tiang.

Cari sana, cari sini..duh..ternyata ngga semua toko bangunan menyediakan pipa galfanis 1.5 inch, Ruko tanjung uncang sudah di putar2x, sementara yang di cari belum dapat.Mobil langsung menuju komplek pasar aviari..semua toko bangunan di ubek-ubek.Alhamdulillah..dapat juga semua keperluan, dan Azan dzhur pun terdengar merdu, kuparkir mobil di mesjid Darussalam. Sholat Dzuhur kami tunaikan.

Selepas sholat suara-suara dari dalam perut mulai menggema di telinga.Rasa lapar telah menyerang.Alhamdulillah..siang itu kami makan Nasi+Rawon+kerupuk+Ikan asin di cabe in+Teh panas….. Alhamdulillah..Segala puji bagi Allah yang memberi makan ini kepadaku dan yang memberi rezeki kepadaku tanpa daya dan kekuatanku :))

Kemudian tiba di rumah customer kami (SSIDnya : SILO…hmmm..”koq silo pak..? kata pak susilo..itu maksudnya SInyal eLO atau sinyal kamu..ohhhhhh..😛 )

Antena didirikan sementra mendung masih menyelimuti suasara di atap loteng…

pjb-silo1 pjb-silo1.jpg

Opss…suara hujan terdengar berlari-larian dari arah sagulung…akhirnya..hujan lebat datang juga..membasahi semua yang ada, hape, dompet, baju dan celana. Alhamdulillah..pengalaman pertama semenjak installasi di 4 tempat lebih, baru kali ini naikin antena sembari ke hujanan.pikiran sudah tidak fokus lagi antara masang baut dan kilat yang siap-siap akan datang.

Hujan makin lebat saja, sementra kumandang adzan ashar hampir terdengar di sela pengeras suara masjid yang mengumandangkan akhir pengajian.Kami turun dari atap loteng segera. Antena kami letakkan dahulu.Ada panggilan yang lebih mulia, menemui pemilik alam semesta dan isinya.

Langkah dan lari-lari kecil kami ayunkan menuju masjid, sholat ashar kami tunaikan, sementra di luar hujan makin menjadi-jadi. Di hati sudah berkata “tak selesai pekerjaan hari ini..” Kami rebahkan badan ini di lantai masjid dan melihat atap masjid yang tinggi sembari menunggu hujan reda. Selang beberapa menit hujanpun reda, segera kami teruskan pekerjaan yang telah menunggu…

Alhamdulillah…setelah tarik sana-tarik sini..ikat sana-ikat sini, selesai pertarungan kami tahap pertama untuk menaikan tiang pengikat “Mikrotik dan Antena”.

silo2-pjb.jpg image1689.jpg

Walau masih nampak mendung di belakang kami, tapi semangat tidak semendung cuaca hari ini.Hayoo..hayoooo…Semangat 100000X….. :))

Pertarungan kedua di mulai..setup server SILO, Inilah kali pertama kami menggunakan Mikrotik sebagai radio AP, setelah Lynksys dan Senao sudah kita gunakan. Mas eko mulai memainkan jari-jarinya di laptop Acer yang katanya masih ngutang..ha..ha..ha.Ops…buka kartu nich mas…sorry yach 😛

Coba di site survei..Alhamdulillah….6 AP telah terlihat ( duh..sayang euy..screen shotnya di laptopnya mas eko) dan yang kami ngga nyangka, SSID “Darul ihsan-Puskopkar” yang beberapa minggu lalu baru kami install ada di urutan pertama dan..opssss…ternyata AP-JANUS1 pun yang domisilinya di genta 1 muncul di urutan ke tiga..wuih…bolehlah mikrotik ini.MUANTABBBB!!!

Ughhhhh…..letih rasanya badan ini.Akhirnya pekerjaan hampir selesai, sholat magrib di laksanakan dan persiapan untuk pulang.I’am Coming…..!

Kringg..kring..SMS masuk di hape imut didalam kantong. A’haaa….dari kasihku “Bos tolong belikan sate yach di dekat pasar perumnas ..”Insya Alloh …Kubalas SMS dengan segera dan kami pamit untuk pulang.

Alhamdulillah..Lega rasanya…hari yang melelahkan, tapi pengalaman yang tak kan terlupakan.Dulu kami (saya dan mas eko) cuma bisa berkhayal aja bisa masang mikrotik,Dengar dan membaca berita dari pembuatan ISP-ISP besar membuat kami semangat.Ayo..kamu bisa!!!!! yes…!!!

Opss..dah hampir jam 12 malam,semangat menulis..ehk..mengetik masih ada.Rasanya belum semua pengalaman tertumpahkan di blog ini. Tapi mata dan badan ini sudah lelah…cape..letih…lemah..lunglai…letoy….pokoknya semua deh… 🙂

Alhamdulillah….Alhamdulillah…Alhamdulillah…ya Alloh..

Semoga hari ini yang kami lalui ada kebaikan..Amin.

 

 

 

 

14 thoughts on “Instalasi WIFI di Silo(sinyal loe).

  1. Kesalahan bukan pada Televisi anda :))
    tp pada Paket/ Cargo nya oom joko :d.

    Minta dikirim kilat juga pada “mrengut” muka2 nya ndak bisa sampe besok pak, krn besok Week End palingan dikirim hari senin … begitu celoteh tukang Cargo nya … so .. yg sabar aja ya .. plis kalo mo order jgn mepet sabtu ya heheheh (Mang Iyus)

  2. sebagai org paling gatek yg nampang di sini gue pengen nanya, ini masang koneksi internet wifi bukan ya ? kalo di daerah skitar KDA ada sinyal tak ? kalo ada daptar donk buwat masa depan🙂

  3. Om Tigis:
    Iya…ini buat access point atau wifi hmm..atau hotspot🙂
    KDA daerah mana tuh? kalau batu aji ada Janus1 dan di seputar batam center ada Janus2….

  4. mas Arei, saya tinggal di puskopkar blok B2. pengen berlangganan internet,
    di mana tempat pendaftaranx?
    tolong kasih infonya.
    thanks

  5. Mas ipung,
    kalau di puskopkar bisa nyambung ke mesjid darul ihsan.
    silahkan mendaftar ke mas achmadi atau mas tanto.
    mereka pengurus mesjid darul ihsan.
    atau datang ke mesjid darul ihsan..minta ke temu 2 orang diatas.

    FYI

  6. Ass…. mas.. hmm.. mas arie ya ? lam kenal ya…
    baca blog mas kayaknya mas pengalaman buat instalasi wifi ya?
    boleh tau gimana cara-caranya, apa aja yang diperluin dan kisaran biaya yang harus dikeluarin ndak?
    lagi perlu banget niyh…
    kalo bisa tolong di imel ke imel sy ya mas..

    makasiyhh sebelumnya…
    😉

  7. Salam…
    mas monanya nih. tuh tiang di tempel di mana? di tembok ya? trus cara ikatnya gimana mas? soalnya saya juga mau pasang tiang antenna hotspotku. tp gak tau cara ngiketnya di tembok. tolong ya mas. skalian di kirim ke emailku : faat@faatweb.co.cc .

    Tq mas…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s